Tugas : "Profile Perusahaan Uber"



“PROFILE PERUSAHAAN UBER”


Jenis Usaha
Uber termasuk dalam jenis  business to customer (B2C), merupakan interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antar individu dan organisasi. uber sebagai penyedia transportaso online melibatkan pelayanan jasanya ke konsumen individu.konsumen memesan layanan uber denan aplikasi uber yang ada pada smartphone dan langsung mendapat pelayanan dari driver.

Sejarah berdirinya perusahaan uber
Uber adalah perusahaan taxi berbasis teknologi informasi. Berawal dari tahun 2008 di Paris, Travis Kalanick dan Garret Camp kesulitan untuk menemukan dan memanggil taksi. Taksi terkadang sulit melihat calon penumpang dari kejauhan, sehingga kita harus memanggil taksi  dan mendatangai taxi yang benar benar dekat dengan kita. Oleh karena masalah itulah mereka memunculkan sebuah ide yang hingga kini merupakan cikal bakal dari sebuah worldwide company, yaitu ide memanggil taksi hanya dengan sebuah aktivitas menekan tombol di mobile app, lalu anda akan mendapatkan tumpangan. Sehingga terbentuklah Uber pada bulan Maret tahun 2009 di San Fransisco dengan nama pertamanya yaitu Ubercap

Tahap awalnya adalah Uber hanya melayani permintaan mobil mobil premium di beberapa kota-kota sibuk di Amerika yang kemudian sekarang berubah menjadi jasa pengantaran apa saja, mulai dari mengantar seseorang, paket, atau bahkan makanan. Uber menggunakan teknologi untuk memudahkan seseorang  mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Armada Uber tidak seperti taksi konvensional yang memiliki standar, namun armada uber merupakan mobil pribadi yang dimiliki setiap supirnya. Uber sendiri tidak memberikan modal sebuah mobil seperti taksi konvensional yang lain. Uber memberikan kebebasan bagi para calon supirnya untuk memiliki modal mobil sendiri

Di Indonesia sendiri Uber sudah mulai mengembangkan usahanya, khususnya di DKI Jakarta. Di Jakarta layanan uber sudah ada yang berupa mobil pribadi, motor, hingga helicopter yang layanannya ada pada tanggal 20 November 2015 lalu walaupun hanya bertujuan untuk kampanye. Uber muncul setelah grabcar, Namun Uber sebagai perusahaan internasional tidak mau kalah dengan selalu melakukan promosi, bahkan Uber memunculkan layanan ojek online yang sudah lebih dahulu dikuasai oleh Gojek dan GrabBike. Uber percaya bahwa dengan solusi solusi yang ditawarkan, maka calon penumpang akan memilih uber.

Uber yang dahulunya merupakan sebuah perusahaan startup yang hanya ada di negara asalnya Amerika Serikat tumbuh pesat dan berkembang sehingga memiliki daya tarik bagi para investor untuk menanamkan modal di Uber. Uber sekarang merupakan perusahaan internasional yang jaringan layanannya sudah meluas ke 77 negara dan 507 kota yang tersebar ke seluruh belahan dunia.Tidak menutup kemungkinan bagi Uber untuk memperluas jaringannya ke negara-negara lain yang belum tersentuh
Perusahaan besar seperti Uber merupakah salah satu jenis organisasi formal yang jumlah pegawainya tidak dapat terhitung di dunia ini.



Visi misi perusahaan uber
Visi perusahaaan uber taxi adalah : Transportasi yang dapat diandalkan seperti air mengalir, dimana mana ada untuk setiap orang
Misi perusahaan Uber Taxi adalah : membuat cost para pemunumpang lebih murah daripada menggunakan mobil pribaadi serta uber dapat menguasai jalanan mengingat biayanya lebih murah.


Kelebihan dan Kekurangan Uber Taksi
Aplikasi Uber selain mempermudah para penggunanya dalam melakukan perjalanan, Uber taksi pula memiliki kelebihan lainnya, yakni:
Ø Memiliki harga yang fleksibel Artinya, harga yang ditawarkan Uber taksi lebih murah dibandingkan dengan taksi konvensional lainnya.
Ø  Fitur berbagi lokasi, Kemudahan akses berbagi lokasi antara konsumen dan driver Uber membuat konsumen dapat memanfaatkan waktu dengan efektif dan efisien.
Ø Fitur berbagi biaya
Ø Praktis & informatif
Ø Discount dengan voucher kode
Ø Pembayaran fleksible
Ø Pelayanan yang baik dari supir UBER
Ø Terlindungi asuransi
Ø Keamanan dan Privasi
Ø Penilaian canggih

Selain terdapat kelebihan, berikut kekurangan yang dimiliki Uber Taksi:
Ø Jika sedang rush hour atau macet, tarif Uber akan naik.
Ø Uber menggunakan argo berjalan sehingga terkadang harga yang harus dibayar melebihi estimasi.


  Produk Perusahaan uber
ü Produk lama : Ubertaxi, Uberblack, UberSUV, uberPOOL, uberBike, uberX, uberPop, uberXXL, uberXL, UberSELECT, UberLUX

ü Produk baru : uberESPAÑOL, UberEATS, Essentials, UberWAV, Rush

ü Produk masa depan :  Self-driving cars atau mobil tanpa pengemudi.


Cara menggunakan aplikasi uber:
1.)  Play Store
Pastikan telepon bimbit yang digunakan itu mempunyai Play Store karena perlu muat turun sistem aplikasi Uber melalui play store. Boleh juga  memuat turun melalui Google online tetapi dengan Play Store lebih mudah.
2.)  Sign up
kemudian daftarkan email, nomor telepon, nomor kad bank (contoh: Maybank) seperti arahan yang diberikan. namun boleh juga mengabaikan pendaftaran nomor kad bank sekiranya memilih untuk bayar tunai.
3.)  Guna aplikasi
Setelah proses mendaftar selesai,
lalu pengguna boleh menggunakan aplikasi Uber. namun Apabila membuka aplikasi ini, Uber map akan segera mengenal pasti kedudukan calon penumpang. Biar di mana sekali pun, peta akan tetap menunjukkan kedudukan calon penumpang.
4.)  Masa
Ramai yang keliru berkenaan sistem Uber. Ia tidak sama dengan kereta sewa atau teksi yang memerlukan proses tempahan (booking) awal. Sekiranya
jika ingin menggunakan Uber, pastikan dalam keadaan benar-benar bersiap sedia untuk menuggu Uber. Jangan melanggan ketika dalam keadaan masih sibuk. lalu request Uber, potongan akun akan berlaku sekiranya tidak dibatalkan segera (sebelum pemandu sampai ke lokasi).
5.)  Tetapkan lokasi
Biasanya
pengguna tidak perlu lagi menetapkan lokasi karena aplikasi ini sudah mengesan kedudukan semasa anda. Namun sekiranya anda ingin tetapkan ke lokasi yang dijangka untuk menunggu kereta Uber, anda boleh tetapkanya sahaja dengan memilihh atau menaip lokasi yang boleh dicapai oleh peta aplikasi Uber.
6.)  Request Uber
Tekan request, aplikasi akan memprosesnya.
7.)  Tetapkan destinasi
Dalam proses request itu tadi, sebelum Uber menetapkan pemandu terdekat
, pengguna perlu menetapkan destinasi yang ingin dituju. Pastikan lokasi dan destinasi adalah tepat karena ini akan menjadi panduan pemandu untuk mengambil dan menghantar penumpang. Jarak yang ditetapkan juga mempengaruhi jumlah bayaran  kepada Uber.
8.)  Pembayaran
Pembayaran akan dipotong terus melalui akun bank yang didaftarkan.
Penumpang hanya perlu naik dan turun dari kendaraan yang digunakan. Friendly bukan? penumpang  juga tidak perlu khawatir karena resit bayaran akan dihantar terus melalui Uber History dalam aplikasi Uber tersebut. Sekiranya dapat membayar dengan uang tunai, resit tetap dihantar dalam Uber History.


Kondisi Uber pada tahun 2015 dan 2016
Menurut data keuangan juni 2016, valuasi atau nilai perusahaan Uber sekitar $ 66 Billion atau kurang lebih 860 triliun rupiah. Sayangnya, Uber terperangkap jargon “grow first, make money later.
Dengan cepatnya pertumbuhan yang mencapai 40% disetiap kuartal ditahun 2015, pada tahun 2016 Uber menderita kerugian sebesar 520 juta dolar AS pada kuartal pertama dan kembali rugi 750 juta dolar AS pada kuartal kedua 2016. Tercatat total kerugian Uber selama 7 tahun operasional berjumlah 4 miliar USD.
Adapun penyebab utama kerugian  perusahaan adalah subsidi bagi driver.  Kerugian yang dialami Uber adalah hal yang yang tidak mengejutkan dan inipun tidak hanya dialami oleh Uber. Sudah menjadi pola bagi riwayat layanan transportasi berbasis aplikasi untuk menderita kerugian terlebih dahulu dengan tujuan bisa menarik mitra dan user sebanyak mungkin untuk mempercepat pertumbuhan usaha.


Kondisi uber di asia tenggara
Kompetisi di Asia Tenggara terbilang keras karena ada sejumlah pemain yang bersaing di dalamnya. Selain Uber, ada Grab dan Gojek di Indonesia.
Secara keseluruhan Grab mendominasi bisnis ride-hailing di Asia Tenggara. Sementara Uber masih bergerilya menghadapi Grab melalui perang promo dan diskon.
sedangkan utang yang ditanggung oleh Uber saat itu sudah mencapai US$645 juta atau sekitar Rp8,7 triliun. Angka yang cukup membuat para investor waspada.Menutup operasional di Asia Tenggara adalah salah satu opsi untuk mengurangi beban tersebut.
Vinnie Lauria, pendiri venture capital Golden Gate Ventures, meramal langkah menarik diri dari Asia Tenggara akan diambil oleh Uber. Bersama Golden Gate Ventures, Lauria tercatat sudah berinvestasi ke 30 perusahaan berbeda di Asia.

Pertanda Uber kesulitan di Asia Tenggara adalah hengkangnya sejumlah eksekutif di sejumlah negara operasionalnya seperti Indonesia, Malaysia, dan Vietnam.
Wacana hengkangnya Uber dari pasar Asia Tenggara ini muncul dari kesepakatan SoftBank berinvestasi ke Uber. Sudah jadi pengetahuan publik bahwa SoftBank adalah salah satu investor utama Grab.
Skema kesepakatan antara Uber dan Grab yang ditengahi oleh SoftBank nanti bisa berlangsung seperti yang terjadi antara Uber dan Didi di China. Sadar kalah bersaing dari Didi di China, Uber memutuskan hengkang. Caranya adalah dengan menerima pinangan Didi terhadap operasionalnya di China dan sebagai gantinya, Uber memiliki saham di Didi.


Perusahaan uber resmi ditutup di asia tenggara
pada tanggal 15 april 2018 uber resmi ditutup di asia tenggara, Indonesia kehilangan salah satu pilihan layanan transportasi online, uber yang berasal dari Amerika Serikat, harus angkat kaki dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia, setelah menjual seluruh bisnisnya di kawasan ini kepada sang kompetitor grab pada 26 Maret 2018 lalu.
Para mitra pengemudi Uber, baik UberMotor, UberX, maupun UberXL telah berpindah ke platform Grab, ada juga yang pindah ke kompetitor lain di Indonesia, yaitu Go-Jek.
Selain itu, para pengguna Uber juga telah diimbau sejak pengumuman akuisisi itu untuk berpindah menggunakan layanan Grab.
Uber telah melakukan langkah dengan menjual bisnisnya kepada perusahaan lokal di sejumlah kawasan, misalnya kepada Didi Chuxing di China serta Yandex di Rusia dan sekitarnya. Kini hanya tersisa Grab dan Go-Jek yang masih akan terus bertarung demi memberikan pelayanan transportasi online terbaik di Indonesia.


Note: saya selaku penulis memohon maaf ada sedikit revisi karen sebelumnya saya mengerjakan tanpa membaca panduan materi dari dosen terlebih dahulu.





Oleh:
Nama : Sasliana Fitri
Nim    : C1C017031

Komentar

  1. Hotels near Casino, Hollywood, MS 39540 - Mapyro
    Find hotels 울산광역 출장안마 near Casino, Hollywood, MS 39540 and other Hotels 여주 출장안마 near Casino, Hollywood, MS 39540 locations, rates, 경산 출장샵 amenities: expert 김제 출장샵 MS research, only 보령 출장안마 at Hotel and Travel Index.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Resume Chapter 13 Membangun Sistem Informasi

Resume jurnal: the significance of information technology for service quality